Amélie (2001), Jean-Pierre Jeunet

Film ngakak berak. Pertama kali gua nontondikelas ngakak sendirian karena ternyata ini film udah banyak yang nonton. Berak beneran, kurang gaul guah.

Ceritanya, gua lupa. --"

Film ini mungkin emang mau nampilin hidup si Amelie yang nggak nyaman aja. Dia ngejalanin yang nggak mau dia jalanin tapi dia jalanin sampe dia menemuka seseorang yang mengubah semuanya.

Pengadeganan di sini emang dasarnya film lebay sih, jadi kaya udah terkonsep lebay aja. Uniknya, lebaynya itu pas, karena emang penonton udah siapa aja sama ke-lebayannya. Setiap karakternya normal tapi lebay, tapi normal, tapi lebay, tapi.. bodo amat.

Editing yang bak-buk, fast cutting  apa-apa yah? Yang giniloh, astagfirullah, jump cut. Ngahhaaaa... editingnya jump cut. Nggak, bukan supaya ini film cepet kelar, tapi karena kegiatan membosankan si Amelie emang kaga kelar, maksudnya itu. Ada juga yang di fast motion, bukan supaya cepet selesai juga, emang udah seneng, waktu itu rasanya cepet bat. (Yah, kaya kalau jalan sama kamoeh, belom ngapa-ngapain udah ditelpon emak suruh ngangkat jemuran)

Dari segi skenario, kayenye dia kaga begitu amat sama ceritanya, lah gua kaga ngerti ceritanya. Gua cuma ngerti kalau ini adalah kehidupan seorang Amelie yang miris namun dia menganggap itu lucu. Nah, dari lucu yang emang konsepnya dibuat-buat tapi tetep lucu inilah yang bikin film ini lucu. Penulisnya udah siap ngejayus, hebat kamoeh.

Suaranya akuh sukak, karena dia menjalakan plot dari narasi Tuhan. Selebihnya eman konsep suara yang dilebay-lebaykan (konsepnya emang lebay) sesuai porsinya kok.

Dari artnya, emang lebay, sesuai porsi, lo liat aje rambut Amelie kaga santai, tapi emang gitu.

Yang bisa diambil dari film ini?
Gua lupa, tulis komen donk, nanti kita diskusi.

Makasih Mba Mita





Comments

Popular posts from this blog

Marselli Sumarno (Wawancara Singkat)

Sedekit PR untuk FFI