Review Video Klip One Direction - You & I



Mata kuliah:       Komputer Terapan

Berawal dari keenggak sengajaan suka sama “boyband”(Barat), padahal anti banget sama makhluk bermakeup sadis (karena boyband Korea) itu. Seketika dapet tugas dari Bang Yoga untuk cari video dan gue menemukan sesuatu di browser Youtube gue. Karena gue bukan orang formal dan kebetulan dosen satu ini (Yoga Prayuda) gak formal-formal amat.
Dan ini review-an gue: (maaf bang kurang sopan)
You and I – Kenapa gue pilih ini? Sejujurnya gue belum pernah liat teknik jenis ini sebelum video ini keluar dan setelah ngubek Google gua baru sadar kalo namanya “Freeze Frame” yang biasa juga dipake buat foto. Video ini menyadarkan gue untuk ngubek Google dan ternyata teknik video di klip ini adalah perkembangan dari Freeze Frame yang biasa di film, misalnya; Orang lagi beraktivitas dan tiba-tiba diberhentikan, background belakangnya jadi berubah warna dan ada nama dia.








                Setelah sebentaran ngubek Google dan sempet ngacak-ngacak cara buatnya di Youtube tapi tetep aja penjelasannya kurang jelas, menimbulkan pertanyaan buat gue tentang bagaimana cara buatnya?
Pengambilan angle gambar juga simple banget. Mereka cuma pake long shot, medium shot, dan close up yang bener-bener dari 1 arah (dari depan). Paling tambahan zoom in-zoom out serta pakai Track untuk menggerakan kamera mundur saat mereka jalan dan melakukan aktivitas yang ditangkap sama Freeze Frame.
                Alasan juga kenapa pilih video klip ini selain teknik. Gue suka karena tampilannya simple, dari mulai pakaian, make up (memang kebanyakan boyband Eropa gak banci sih), dan penataan artistic-nya. Ditambah musiknya juga gak terlalu keras tapi gak lembek juga jadi pas banget didengerin kapan aja. Walau sejujurnya video klip sama arti dari lagunya agak kurang singkron intinya visualnya gak bener-bener bisa ngajelasin arti/maksud lagunya.

                Sekian review dari gue. Mudah-mudahan dengan segalan kekurangan dan keingintahuan gue bisa dijelaskan dan dibantu oleh Bang Yoga. Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Marselli Sumarno (Wawancara Singkat)

Sedekit PR untuk FFI