Pantaskah Kartini berjuang? *gua ngantuk tapi nyempetin nulis, eh beneran gak sempurna
Hallo para wanita. Apa kabar?
gua sebenernya gak tau mau ngapain dan entah apa maksud gua ciptain blog ini. yaudah intinya terserah lu mau mandang apa. terserah juga lu mau peduli sama tulisan gua atau ngga. gua cuma mau bantu atau seenggaknya kita bisa buat komunitas kah? heheee...
Kartini siapa sih?
Mungkin jiwa lu terguncang kalo gak tau beliau, yah seenggaknya pernah dengerlah. gua gak mau bahas beliau karena nilai sejarah gua gak memungkinkan untuk gua berani membahas beliau. yang perlu lu tau dan lu sadar kalo Kartini tuh mati-matian ngebela kaum hawa yang sayangnya masih aja gak nyadar sama kodraatnya,
Gua cuma mau nampol lu pada Girls.
Gua perempuan dan otomatis gua pemudi. Kenapa? Karena cewe udah terlalu rendah kodratnya dan remaja udah terlalu absurd untuk dibahas. Hampir semua konsep dan bahasa yang dipergunakan sekarang malah makin payah. Yah kalo denger remaja pikiran yang melintas pasti gak jauh dari labil. Kalo ngebahas cewe gak jauh dari ribet, bahkan dengan adanya perkembangan zaman dan sebutan baru lahirlah segumpal cabe-cabean yang gemes.
Awal mula gua nulis ini bukan tanpa sebab. Gua pernah jadi alay, iya alay yang ngetik pake angka dan huruf kaya plat nomor kendaraan dan nomor penyuratan. Alay yang foto dari atas dan alay yang galau sama cowo yang dia taksir. Gak penting banget bego, lu siape dia siape? Yang akhirnya lebih milih nulis status dari pada belajar buat ulangan atau nambah-nambah ilmu pengetahuan. Hahaaa.. percayalah gua pernah se-Tai itu jadi lu gak usah judge gue bakal kemakan omongan. Semua kesuramaan dalam hidup pernah gua alami kok. hahaaa... Mudah-mudahan gak terulang.
to the topic.....
Ada cowo yang bilang ke gua (cieee.....). Dia temen gua dan menyadarkan gua.
Jadi ceritanya..
Ada sekumpulan perempuan yang ketawa ketiwi di suatu tempat dan seornag laki-laki bertanya hal. Lalu kami semua diam, dengan gamblang sang lelaki berkata "Ahh.. cewe pengetahuannya rendah."
Beberapa perempuan itu memebalas, "Apaan sih lo?"
Seorang perempuan cuma diam dan berfikir. Iya itu gua. Gua gak tau mau pake ekspresi apa dan iya gua sadar kalo lelaki itu gak salah, konteksnya gak sesempit itu.
Gua termasuk orang yang mungkin tomboy katanya. Padahal gua masih bisa pake eyeliner, gua masih suka hairmask, luluran, dan maskeran. Kadang suka pake tinlip dan ngeblow rambut. Masih suka hunting high heels dan baca majalah fashion. Masih suka ngintip resep makanan atau sekedar nonton acaranya Mba Farah Quinne. Tapi ngga lupa juga nonton Kick Andy atau Dr. Oz dan masih sanggup ngikutin rapat MK dan DPR. Iya emang gak ngerti-ngerti amat sih tapi kan gua udah usaha bro. Walau masih doyan bungee jumping, dsb.
Entah kenapa gua sering banget sotoy dengan kebegoan gua. Gua suka ngajakin diskusi yang pada akhirnya gua ngestuck gara-gara lawan diskusi gua cerdas banget. Tapi gak tau juga kenapa walau tampak semakin bego gua seneng karena dengan gitu gua dapet banyak pengetahuan baru. Contohnya mama gua tercinta, mama tau banget gua gak terlalu peduli sama politik tapi mama gak ada capenya curhat tentang politik jadi gua gak usah cape nonton berita kan? hehee.. tetep aja gua masih bego dalam bidang itu.
Papa juga gak ada capenya ngajarin gua elektronik dan mesin, iya begitu. Gak usah bahas lagi yah.
Back to topic...
Gua menyadari bahwa banyak cewe yang gua temuin dan gua ajak ngobrol, gua ajak diskusi. Awal-awalnya mereka nyambung tapi makin lama gua ditinggal dan entahlah, apakah obrolan tentang cowo jauh lebih menggiurkan daripada obrolan yah.. guess it.
Gua sedih banget sama beberapa cewe macam itu. Lu bayangin deh, Kartini tuh udah mati-matian ngebela kaum hawa tapi kenapa kaum hawanya sendiri yang ngerendahin dirinya sendiri? Kenapa?
Kenapa harus ada cabe-cabean? Gua gak peduli sama style lo. Gue juga suka pake celana gemes. Itu emang adem girls tapi gua memepertanyakn tingkah lo? Iya, entahlah. Gua cuma gak mau lo direndahin. Yah cepatlah bertobat. Biar kita gantain. Loh???
Terus masalah cewe yang entah kenapa lebih sering di skak mat sama cowo kalo lagi ngobrol.
Masalah berikutnya cewe yang marah-marah sampe kaya orang kesetanan. Lu serem banget gila, gua pun pernah seperti itu dan emang serem banget.
Berikutnya cewe yang kode-kodean, anjrit gua aja gak ngerti tuh kode. hahaaa.. Gua pernah kode-kodean sumpah gua pernah, gua kira akan menuntaskan masalah ternyata cuma bikin dongkol hati. Itu nyiksa diri sendiri gila.
Terus cewe yang suka muji temen cewenya padahal dalam hati tuh sirik. Iya gua pernah sirik sama temen gua dan gua puji. Endingnya dia makin kece dan gua cuma jadi sebatang korek api yang terbakar. Useless.
Sama cewe yang menghina kaum cowo, gila itu gak ada habisnya. Di sisi lain lu menghina tapi di sisi lain lu mengemis perhatian meraka. What? Iya gua pernah dan lu tau gak, sekarang gua sadar waktu itu gua kaya lagi kerasukan. Semakin lu menghina semakin diri lu terhina. Lu tau sendiri cowo tuh egonya segede apa. Lu ajak ribut yah gak kelar. Tinggalin aja lagi. Cowo tuh bakal mikir kok. Yh syukur2 mikirnya bener tapi gak sedikit juga cowo yang ngaco mikirnya. Gua juga masih gak tau kenapa, mungkin karena cewe-cewe kode mulai menguasai antero dunia dengan cara membelah diri dan akhirnya cowo judge cewe seperti itu semua. Cewe judge cowo seperti itu semua. Saling judge? Lu gak cape?
Ngomongin masalah gender gak ada abisnya. Intinya ayolah kita sadar. Kita tingkatkan pengetahuan. Jadilah wanita cerdas. Nontonlah Barbie. Itu tontonan yang bagus. Bukannya untuk mengubah fisik tapi mengubah pola pikir dan tingkah laku.
Terus sama cewe yang oplas, gua juga mau oplas kalo bisa. Sumpah gua mau, tapi kalo endingnya sejelek itu gua takut. Gua takut, gua takut gua bakal ngikutin arus yang gak bener.
ada ungkapan...
Gua lupa baca dimana
"Kesalahan wanita zaman sekarang ialah mereka tidak mau menulis"
Maksudnya jangan takut nulis apapun selama dalam konteks "wanita" sesungguhnya. Jangan lupa baca, apapun. Jadilah cerdas.
Masalahnya banyak banget orang yang sotoy, kita tuh terlalu banyak kemakan drama, sadarilah kalo kita lebih kuat dari apa yang kita pikirkan. Sadarilah bahwa kita bukan cuma makhluk perasa.
Ada artikel juga yang bilang kalo otak wanita tuh lebih kompleks, bisa fokus dalam 2 hal sekaligus. Bisa berfikir dengan lebih baik dari pria kerena bisa berfikir dengan perasaan dan logika.
Banyak orang yang pengen kaya orang lain. Gak tau kenapa. Gua juga pengen kaya Emma Watson. Hahaaa.. Tapi gak jadi.
Ada Eyang namanya Sugiarto bilang kalo Tuhan adalah Wanita.
*Jangan bayangin Tuhan itu wanita, itu cuma perumpamaan. Untuk lebih jelasnya yah kita buka forum. Kalo gua jelasin di sini..... Ahh.. Sudahlah..
Gua juga minta maaf atas tulisan yang gak menggunakan EYD. Ini emang absurd tapi yah gua sempet sharinglah. Makasih.
gua sebenernya gak tau mau ngapain dan entah apa maksud gua ciptain blog ini. yaudah intinya terserah lu mau mandang apa. terserah juga lu mau peduli sama tulisan gua atau ngga. gua cuma mau bantu atau seenggaknya kita bisa buat komunitas kah? heheee...
Kartini siapa sih?
Mungkin jiwa lu terguncang kalo gak tau beliau, yah seenggaknya pernah dengerlah. gua gak mau bahas beliau karena nilai sejarah gua gak memungkinkan untuk gua berani membahas beliau. yang perlu lu tau dan lu sadar kalo Kartini tuh mati-matian ngebela kaum hawa yang sayangnya masih aja gak nyadar sama kodraatnya,
Gua cuma mau nampol lu pada Girls.
Gua perempuan dan otomatis gua pemudi. Kenapa? Karena cewe udah terlalu rendah kodratnya dan remaja udah terlalu absurd untuk dibahas. Hampir semua konsep dan bahasa yang dipergunakan sekarang malah makin payah. Yah kalo denger remaja pikiran yang melintas pasti gak jauh dari labil. Kalo ngebahas cewe gak jauh dari ribet, bahkan dengan adanya perkembangan zaman dan sebutan baru lahirlah segumpal cabe-cabean yang gemes.
Awal mula gua nulis ini bukan tanpa sebab. Gua pernah jadi alay, iya alay yang ngetik pake angka dan huruf kaya plat nomor kendaraan dan nomor penyuratan. Alay yang foto dari atas dan alay yang galau sama cowo yang dia taksir. Gak penting banget bego, lu siape dia siape? Yang akhirnya lebih milih nulis status dari pada belajar buat ulangan atau nambah-nambah ilmu pengetahuan. Hahaaa.. percayalah gua pernah se-Tai itu jadi lu gak usah judge gue bakal kemakan omongan. Semua kesuramaan dalam hidup pernah gua alami kok. hahaaa... Mudah-mudahan gak terulang.
to the topic.....
Ada cowo yang bilang ke gua (cieee.....). Dia temen gua dan menyadarkan gua.
Jadi ceritanya..
Ada sekumpulan perempuan yang ketawa ketiwi di suatu tempat dan seornag laki-laki bertanya hal. Lalu kami semua diam, dengan gamblang sang lelaki berkata "Ahh.. cewe pengetahuannya rendah."
Beberapa perempuan itu memebalas, "Apaan sih lo?"
Seorang perempuan cuma diam dan berfikir. Iya itu gua. Gua gak tau mau pake ekspresi apa dan iya gua sadar kalo lelaki itu gak salah, konteksnya gak sesempit itu.
Gua termasuk orang yang mungkin tomboy katanya. Padahal gua masih bisa pake eyeliner, gua masih suka hairmask, luluran, dan maskeran. Kadang suka pake tinlip dan ngeblow rambut. Masih suka hunting high heels dan baca majalah fashion. Masih suka ngintip resep makanan atau sekedar nonton acaranya Mba Farah Quinne. Tapi ngga lupa juga nonton Kick Andy atau Dr. Oz dan masih sanggup ngikutin rapat MK dan DPR. Iya emang gak ngerti-ngerti amat sih tapi kan gua udah usaha bro. Walau masih doyan bungee jumping, dsb.
Entah kenapa gua sering banget sotoy dengan kebegoan gua. Gua suka ngajakin diskusi yang pada akhirnya gua ngestuck gara-gara lawan diskusi gua cerdas banget. Tapi gak tau juga kenapa walau tampak semakin bego gua seneng karena dengan gitu gua dapet banyak pengetahuan baru. Contohnya mama gua tercinta, mama tau banget gua gak terlalu peduli sama politik tapi mama gak ada capenya curhat tentang politik jadi gua gak usah cape nonton berita kan? hehee.. tetep aja gua masih bego dalam bidang itu.
Papa juga gak ada capenya ngajarin gua elektronik dan mesin, iya begitu. Gak usah bahas lagi yah.
Back to topic...
Gua menyadari bahwa banyak cewe yang gua temuin dan gua ajak ngobrol, gua ajak diskusi. Awal-awalnya mereka nyambung tapi makin lama gua ditinggal dan entahlah, apakah obrolan tentang cowo jauh lebih menggiurkan daripada obrolan yah.. guess it.
Gua sedih banget sama beberapa cewe macam itu. Lu bayangin deh, Kartini tuh udah mati-matian ngebela kaum hawa tapi kenapa kaum hawanya sendiri yang ngerendahin dirinya sendiri? Kenapa?
Kenapa harus ada cabe-cabean? Gua gak peduli sama style lo. Gue juga suka pake celana gemes. Itu emang adem girls tapi gua memepertanyakn tingkah lo? Iya, entahlah. Gua cuma gak mau lo direndahin. Yah cepatlah bertobat. Biar kita gantain. Loh???
Terus masalah cewe yang entah kenapa lebih sering di skak mat sama cowo kalo lagi ngobrol.
Masalah berikutnya cewe yang marah-marah sampe kaya orang kesetanan. Lu serem banget gila, gua pun pernah seperti itu dan emang serem banget.
Berikutnya cewe yang kode-kodean, anjrit gua aja gak ngerti tuh kode. hahaaa.. Gua pernah kode-kodean sumpah gua pernah, gua kira akan menuntaskan masalah ternyata cuma bikin dongkol hati. Itu nyiksa diri sendiri gila.
Terus cewe yang suka muji temen cewenya padahal dalam hati tuh sirik. Iya gua pernah sirik sama temen gua dan gua puji. Endingnya dia makin kece dan gua cuma jadi sebatang korek api yang terbakar. Useless.
Sama cewe yang menghina kaum cowo, gila itu gak ada habisnya. Di sisi lain lu menghina tapi di sisi lain lu mengemis perhatian meraka. What? Iya gua pernah dan lu tau gak, sekarang gua sadar waktu itu gua kaya lagi kerasukan. Semakin lu menghina semakin diri lu terhina. Lu tau sendiri cowo tuh egonya segede apa. Lu ajak ribut yah gak kelar. Tinggalin aja lagi. Cowo tuh bakal mikir kok. Yh syukur2 mikirnya bener tapi gak sedikit juga cowo yang ngaco mikirnya. Gua juga masih gak tau kenapa, mungkin karena cewe-cewe kode mulai menguasai antero dunia dengan cara membelah diri dan akhirnya cowo judge cewe seperti itu semua. Cewe judge cowo seperti itu semua. Saling judge? Lu gak cape?
Ngomongin masalah gender gak ada abisnya. Intinya ayolah kita sadar. Kita tingkatkan pengetahuan. Jadilah wanita cerdas. Nontonlah Barbie. Itu tontonan yang bagus. Bukannya untuk mengubah fisik tapi mengubah pola pikir dan tingkah laku.
Terus sama cewe yang oplas, gua juga mau oplas kalo bisa. Sumpah gua mau, tapi kalo endingnya sejelek itu gua takut. Gua takut, gua takut gua bakal ngikutin arus yang gak bener.
ada ungkapan...
Gua lupa baca dimana
"Kesalahan wanita zaman sekarang ialah mereka tidak mau menulis"
Maksudnya jangan takut nulis apapun selama dalam konteks "wanita" sesungguhnya. Jangan lupa baca, apapun. Jadilah cerdas.
Masalahnya banyak banget orang yang sotoy, kita tuh terlalu banyak kemakan drama, sadarilah kalo kita lebih kuat dari apa yang kita pikirkan. Sadarilah bahwa kita bukan cuma makhluk perasa.
Ada artikel juga yang bilang kalo otak wanita tuh lebih kompleks, bisa fokus dalam 2 hal sekaligus. Bisa berfikir dengan lebih baik dari pria kerena bisa berfikir dengan perasaan dan logika.
Banyak orang yang pengen kaya orang lain. Gak tau kenapa. Gua juga pengen kaya Emma Watson. Hahaaa.. Tapi gak jadi.
Ada Eyang namanya Sugiarto bilang kalo Tuhan adalah Wanita.
*Jangan bayangin Tuhan itu wanita, itu cuma perumpamaan. Untuk lebih jelasnya yah kita buka forum. Kalo gua jelasin di sini..... Ahh.. Sudahlah..
Gua juga minta maaf atas tulisan yang gak menggunakan EYD. Ini emang absurd tapi yah gua sempet sharinglah. Makasih.
Comments
Post a Comment